Selasa, 23 Mei 2023

Warga Dusun XI Panglong Desa Sei Bamban Minta Pemilihan Kadus Transparan.




Sergai | Gracidanews.com - Masyarakat dusun XI Desa Sei Bamban harapkan pemilihan kepala dusun(kadus) secara langsung ,Pasalnya pemilihan kadus yang di selenggarakan pihak desa sei bamban melalui penjaringan yang diikuti 4 orang calon kadus pada senin 20 Maret 2023 yang di kantor Desa Sei Bamban, Diduga berbau Uang dan diduga tidak Transparan.

Demikian dugaan tersebut dikatakan salah satu calon kadus berinisial PMS (34) minggu 7/5/2023, kepada wartawan di kecamatan Sei Bamban.

Menurut PMS mengungkapkan ada 4 calon yang ikut seleksi pemilihan kepala dusun yaitu : PM Sianturi (34) ,NE Sitohang(40),J Siringoringo (38) dan D Simaremare,keempat calon kadus tersebut merupakan warga dusun XI Desa Sei Bamban kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai (Sumut).

Menurut PMS mengatakan, bahwa saat penjaringan kepala desa Sei Bamban ada memberikan secarik kertas yang diduga bocoran hasil 50 soal jawaban ujian tertulis dengan huruf abcd.

Lanjut PMS ,ia juga ada menyerahkan sejumlah uang kepada kades sebesar Rp.5 juta.

Pada minggu 19 Maret 2023 sekira pukul 17.00 wib di salah satu Rumah Makan Burung Goreng Sei Rampah,namun sesudah usai ujian uang sebesar Rp.5 juta dikembalikan lagi oleh kades Inisial FDL di kantor Desa Sei Bamban pada Rabu 22 Maret 2023 dan diterima oleh salah satu anggota BPD Desa Sei Bamban inisial SH.

Dalam hal ini SH menduga pemilihan kadus yang di selenggarakan kades tidak murni hasil keinginan masyarakat dusun XI Desa Sei Bamban.

"Kami harap pemilihan kadus dipilih secara langsung oleh masyarakat, tidak melalui penjaringan yang dilakukan kades.

Saya ada ingatkan kades agar pemilihan kadus di pilih langsung oleh warga dusun XI Panglong jangan penjaringan , agar Transparan ", ujarnya , senin 8/5/2023 di sei Rampah.

Terpisah , kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis ketika di komfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait Pemilihan kadus sebagaimana warga dusun XI Panglong mendugaa adanya ketidak Transparan, belum dapat memberikan jawaban.(Sopiyan Perss Yan)


EmoticonEmoticon

Postingan Populer